SOEGIJA, Film Layar Lebar Pertama Studio Audio Visual PUSKAT Yogyakarta***Kamera untuk Masyarakat Adat***Peluncuran Film Dokumenter*** "

cari isi blog ini anda tulis kata kuncinya dan di search

Jumat, 27 Mei 2011

Eagle Awards Documentary Competition 2011

TOR (Term of Reference)
EADC (Eagle Awards Documentary Competition) 2011
“BAGIMU INDONESIA”
Latar Belakang
“TERBANG BAGAI ELANG MENEMBUS BATAS CAKRAWALA, DENGAN MATA LENSA KAMI REKAM FAKTA DAN REALITA, MENJADI SAKSI ATAS PERUBAHAN YANG TERJADI MELALAUI KARYA-KARYA SINEAS MUDA INDONESIA”
Bagaimana kita mengenal Indonesia? Indonesia adalah Negara dengan rentang perbedaan suku bangsa, adat-istiadat, dan bahasa. Sebuah negara yang memerdekakan diri dan menentang penjajahan serta berjuang maju ditengah ke Bhinekaan untuk menuju kesejahteraan kehidupan yang lebih baik . Penghuni “rumah” Indonesia memang sangat ber Bhineka Tunggal Ika, dengan tekad yang bulat untuk bersatu telah menuntun kita sebagai bangsa untuk merasa memilikinya
Kita masih bisa berbuat, kita masih bisa menjaga untuk kita persembahkan “Bagimu Indonesia”, rumah kita sendiri! dengan lima pilar utama : Pindidikan, Lingkungan Hidup, Kesehatan, Kesejahteraan serta Kemanusian.

Pendidikan
Untuk menjadi bangsa yang besar dan berkemampuan untuk bersaing secara global, kita memerlukan pendidikan sabagai landasan/pijakan membangun logika untuk mencerdaskan kehidupan bangsa dan mengembangkan manusia Indonesia yang memiliki pengetahuan, budi pekerti dan keterampilan. Pendidikan menjadi penting bagi bangsa Indonesia, karena dengan pendidikan merupakan upaya menciptakan konsep-konsep yang menunjang mutu untuk membebaskan manusia Indonesia dari belenggu kebodohan. Pendidikan Indonesia adalah bagian dari National Character Building, tempat untuk tumbuh kembang, mencetak budi pekerti dan kepribadian.

Lingkungan Hidup
Indonesia adalah “ruang” yang merupakan “halaman” kita untuk hidup bersama. Alam beserta kekayaan yang terkandung di dalamnya adalah tempat kelangsungan hidup manusia Indonesia (secara bersama).
Gempa bumi, bencana alam serta fenomena pemanasan global telah mengingatkan kita sebagai warga negara untuk terus bekerja keras melakukan upaya-upaya rekonstruksi untuk menyelamatkan lingkungan dari ancaman kerusakan bahkan kepunahan. (hapus)Dibutuhkan komitmen untuk menyelamatkan lingkungan dari kerusakan yang makin parah demi ketersediaan sumber daya alam (SDA) yang menjamin kelangsungan kehidupan Indonesia yang lestari.

Kesehatan
Paradigma membangun bangsa dan Negara Indonesia, tak akan pernah terlepas dari diperlukannya sumber daya manusia (SDM) yang kuat dan sehat. Cita-cita bangsa Indonesia yaitu mencapai masyarakat adil dan makmur dengan cara meningkatkan derajat kesehatan masyarakatnya.
Kita. Untuk itu, sudah saatnya kita mencari solusi terbaik dengan sikap cerdas untuk mendorong terciptanya lembaga-lembaga/instansi-instansi kesehatan serta ketersediaan tenaga medis yang terampil untuk memenuhi hak masyarakat atas pelayanan kesehatan dan kualitas hidup sosial.

Kesejahteraan Sosial
Seperti yang telah diamanatkan pembangunan (kesejahteraan) sosial di Indonesia, pada hakekatnya merupakan upaya untuk merealisasikan cita-cita luhur kemerdekaan, yakni untuk memajukan kesejahteraan umum.
Pembangunan kesejahteraan sosial di Indonesia secara nyata adalah upaya menangani permasalahan sosial kemiskinan. Kemajuan pembangunan ekonomi menjadi tak ada artinya jika sebagai bangsa kita lemah dalam kemampuan penanganan kesejahteraan sosial, kemiskinan, kecacatan, keterlantaran, ketunaan sosial, korban bencana alam dan kesenjangan sosial.
Pembangunan kesejahteraan sosial harus menjadi komitmen global dalam rangka menekan angka kemiskinan, kesenjangan sosial dan kelaparan,sekaligus program mengentaskan dengan memberi pemberdayaan yang mendorong terjadinya suatu proses perubahan sosial dan memunculkan solidaritas sosial diantara individu, kelompok dan lembaga-lembaga.

Kemanusiaan
Gagasan nilai kemanusiaan dalam kehidupan berbangsa adalah landasan yang kuat untuk menerobos segala bentuk penindasan dan kejahatan kemanusiaan yang membelenggu manusia. Dalam realitas kehidupan yang penuh dengan konflik antar sesama manusia untuk memperoleh ambisi dan obsesinya, ternyata manusia telah menghancurkan dan mengorbankan hak asasi atas kemanusiaanya.Nilai kemanusiaan secara logika kehadirannya merupakan upaya menyelamatkan eksistensi manusia sebagai mahluk ciptaan Tuhan untuk hidup damai, dan berdampingan dengan segala perbedaan. Nilai kemanusiaan memberikan kelonggaran manusia untuk mencegah kekerasan yang hanya akan membawa kerusakan. Dengan diberikan kelebihan pada akal budi, manusia diajak berpikir secara jernih dan cerdas, menggunakan cara-cara yang baik untuk mencapai kesejahteraannya. Kehidupan manusia hari ini adalah bagaimana manusia mampu menunjukkan peran kemanusiaannya dimuka bumi ini.
Melalui Eagle Awards Documentary Competition 2011 bertema “BAGIMU INDONESIA” yang terkonsentrasi pada 5 pilar yang sudah dipaparkan diatas (pendidikan, lingkungan hidup, kesehatan, kesejahteraan sosial dan kemanusiaan), dengan ini kami bermaksud mengajak kembali para kaum intelektual muda Indonesia untuk bersikap kritis dan mampu mengungkap potret-potret inspiratif dari lingkungan sekitar dan menuangkannya ke dalam bentuk ide/gagasan film dokumenter yang mengacu pada :

Pendidikan :

1. Mengetengahkan peran pendidikan berbasis kompetensi kewirausahaan.
2. Mereka yang menggalakkan upaya pendidikan anak usia dini.
3. mereka yang melakukan pendidikan dengan inovasi pada pengembangan kurikulum (yang kreatif).
4. Mereka yang berperan pada perencanaan dan pengembangan pendidikan di daerah tertinggal.
5. Pemanfaatan potensi lokal untuk peningkatan mutu dengan falsafah pendidikan alam
6. dan sebagainya.

Lingkungan Hidup :

1. Mereka yang bergerak untuk membudayakan cinta lingkungan melalui dunia belajar mengajar. tentang mereka para penggagas pesan ramah lingkungan dalam kehidupan sehari-hari kemasyarakatan.
2. Pemberdayaan kearifan lokal dalam upaya menjaga lingkungan alam yang lestari.
3. Pola hidup masyarakat modern yang tidak mengganggu pola terciptanya keseimbangan alam
4. Kebijakan pemerintah setempat, institusi adat, atau koorporasi yang berpengaruh pada terciptanya kualitas lingkungan yang lebih baik
5. dan sebagainya

Kesehatan :

1. Individu yang mengabdikan dirinya di berbagai pelosok negeri untuk terciptanya masyarakat yang sehat dan sejahtera.
2. Gerakan kelompok yang berusaha untuk menciptakan kehidupan kesehatan yang lebih baik.
3. Pemanfaatan kekayaan sistem pengobatan tradisional dalam dunia kesehatan (modern) Indonesia
4. Peran penting jasa kesehatan swasta dalam pengembangan ketertinggalan sarana dan prasarana kesehatan.
5. Mereka-mereka yang menciptakan fasilitas/infrastruktur alternatif pada dunia kesehatan.
6. dan sebagainya

Kesejahteraan Sosial :

1. Upaya-upaya kreatif dan produktif dari mereka (masyarakat/perorangan) dalam menciptakan lapangan usaha untuk mengentaskan persoalan kemiskinan.
2. Tenaga kerja sosial yang menggagas tanggung jawab pengentasan kemiskinan.
3. Penyuluh sosial dan masyarakat yang berperan sebagai pelopor pemberdayaan kemajuan masyarakat tertinggal/miskin.
4. dan sebagainya

Kemanusiaan :

1. Mengekspos mereka yang bekerja kemanusian untuk konflik sosial dan bencana alam
2. Relawan kemanusiaan yang mengembangkan semangat solidaritas.
3. Perhimpunan nasional yang bergerak memberikan warna baru dalam bidang sosial kemanusiaan.
4. Mereka yang mengupayakan untuk menggerakkan misi persatuan untuk menuju perdamaian umat manusia Indonesia.
5. dan sebagainya

PROGRAM DAN KEGIATAN.

Metro TV kembali menyelenggarakan Eagle Awards, sebuah ajang pelatihan, produksi, dan kompetisi film dokumenter bagi pemula. Dari jumlah peserta yang mengajukan proposal akan dipilih 22 tim yang lolos babak pertama. Dari 22 tim itu, Dewan juri memilih 10 tim semi finalis yang berhak untuk mengikuti Pitching Forum di Jakarta. Di dalam Pitching Forum akan dipilih 5 tim yang berhak menerima beasiswa untuk mengikuti pelatihan film dokumenter di Jakarta serta produksi sesuai dengan proposal masing- masing tim.

PERSYARATAN UNTUK MENJADI PESERTA EADC 2011“BAGIMU INDONESIA“ :
PERSYARATAN UMUM

1. WNI yang berdomisili di Indonesia berusia 20 – 35 tahun.
2. Lulusan sekolah tinggi (Akademi, Institut,Perguruan Tinggi) atau sedang kuliah (berstatus mahasiswa) / minimal pernah kuliah selama 4 semester
3. Belum pernah menjadi finalis Eagle Awards.
4. Belum pernah menjuarai kompetisi film dokumenter tingkat nasional dan atau internasional.
5. Bukan tenaga profesional di lembaga Broadcasting atau Film (dan, atau sedang bekerja di lembaga tersebut) kecuali mereka yang aktif di TV Komunitas.
6. Mendaftarkan diri sebagai tim yang terdiri dari 2 orang.
7. Memiliki motivasi dan komitmen yang kuat untuk mempelajari pembuatan film dokumenter dan bercita – cita menjadi pembuat film dokumenter.
8. Mengisi formulir pendaftaran dengan lengkap yang berisi semua keterangan mengenai data diri, proposal film yang diajukan dan data riset, serta foto copy KTP yang dikirimkan kepada panitia dalam satu paket pengiriman.
9. Formulir dan Term Of Refrence dapat diperoleh melalui link ini http://www.eagleawards-doc.com atau kirim email ke eagleawards@metrotvnews.com.
10. Mengirimkan formulir dan proposal dalam 2 bentuk yaitu :
11. Softcopy ke email :eagleawards@metrotvnews.com
12. Hardcopy Up. EADC 2011, Metro TV (Lobby 2) Jl. Pilar Mas Raya kav A-D Kedoya, Jakarta BARAT 11520.

PERSYARATAN KHUSUS

1. Form Proposal yang diajukan bertema “Bagimu Indonesia”
2. Form proposal yang diajukan harus memiliki ide cerita yang menarik, sudut pandang yang unik serta data-data riset yang kuat
3. Form Proposal tersebut memungkinkan untuk di wujudkan ke dalam film dokumenter berdurasi 24 menit.
4. Calon penerima beasiswa bersedia mengikuti rangkaian kegiatan Eagle Awards secara penuh yang terdiri dari seleksi, pelatihan, produksi, pasca produksi film dokumenter hingga malam anugerah Eagle Awards menurut jadwal yang ditentukan oleh pihak penyelenggara.
5. Menyetujui hak bahwa untuk setiap dan semua bagian yang telah diberikan kepada panitia Eagle Awards dalam bentuk tertulis, tercetak, tersiar, terekam di pita dan versi elektronik lainnya yang merupakan hasil dari pengerjaan proyek dipegang sepenuhnya oleh MetroTV.
6. Mengikuti seluruh rangkaian kegiatan On-Air dan Off Air yang diadakan oleh Metro TV dalam rangka sosialisasi, meningkatkan kesadaran, dan promosi program Eagle Awards

BATAS WAKTU PENDAFTARAN
Pendaftaran dibuka dari tanggal 5 April 2011 Proposal paling lambat diterima oleh panitia pada tanggal 13 Mei 2011 pukul 18.00 WIB.

SELEKSI TAHAP I
Seluruh calon peserta akan diseleksi menjadi 22 tim dengan proposal film dokumenter terbaik. Dua puluh dua tim terbaik ini akan diseleksi dengan wawancara via telepon dengan bersedia hadir pada Pitching Forum jika terpilih menjadi semifinalis. Seleksi wawancara ini akan menghasilkan 10 tim dengan proposal film dokumenter terbaik. 10 tim ini selanjutnya akan disebut sebagai semi-finalis.

SELEKSI TAHAP II : PITCHING FORUM
Pitching Forum adalah presentasi proposal film documenter di hadapan panelis yang terdiri dari profesional dokumenter dan ahli dalam bidang pendidikan. Dari 10 semi finalis, akan dipilih 5 tim terbaik dengan proposal terbaik yang disebut sebagai finalis. Finalis kemudian akan menerima beasiswa untuk mengikuti proses Eagle Awards 2011 secara penuh.

Hal-hal yang menjadi bahan pertimbangan dalam tahap seleksi adalah sebagai berikut:

1. Nilai tema “Bagimu Indonesia” dalam pemilihan topik/subyek film dokumenter;
2. Kedekatan periset dengan topik/ subyek;
3. Ide atau sudut pandang yang jelas;
4. Relevansi antara topik/subyek dengan lokasi riset;.
5. Kemungkinan proposal untuk dapat diproduksi dalam hal rentang waktu (15 hari) dan anggaran yang telah ditentukan;
6. Kualitas motivasi dan komitmen calon peserta / pelamar)

PELATIHAN
Penerima beasiswa akan menjalani program pelatihan dokumenter dari pra-produksi sampai pasca-produksi selama beberapa bulan di Jakarta. Pelatihan ini akan dipandu dan didukung oleh pembuat film dokumenter profesional. Pelatihan ini disebut dengan Eagle Lab, yang merupakan proses untuk membantu para peserta dalam merumuskan ide cerita yang telah diusulkan hingga menjadi sebuah treatment yang siap diproduksi.



PRODUKSI
Setiap tim penerima beasiswa akan mendapat fasilitas sebagai berikut :

1. Tim pengajar dari kalangan Produser/Sutradara film dokumenter profesional Indonesia,
2. Penata kamera professional yang membantu saat shooting,
3. Peralatan shooting standar : kamera, lensa, tripod, wireless microphone, bahan baku serta kebutuhan lainnya,
4. Editing room dan editor profesional yang membantu saat Editing,
5. Dana produksi film dokumenter (besar dana disesuaikan dengan kebutuhan setiap tim yang disetujui oleh panitia).

BEASISWA
Beasiswa yang akan didapat oleh finalis Eagle Awards dalam bentuk fasilitas akomodasi, konsumsi dan transportasi selama masa pelatihan, produksi dan paska produksi. Biaya produksi yang dibutuhkan telah disetujui oleh panitia pelaksana Eagle Awards. Biaya produksi yang dikeluarkan harus dipertanggung jawabkan.

KOMITMEN
Setiap finalis dituntut memiliki komitmen dalam mengikuti keseluruhan rangkaian kegiatan Eagle Awards yang telah dijadwalkan oleh Panitia secara penuh. Finalis juga dituntut untuk bertanggung jawab dalam pemakaian dana produksi. Jika pada proses mengikuti rangkaian Eagle Awards terdapat finalis yang tidak bertanggung jawab dan melanggar peraturan yang telah ditetapkan oleh panitia maka Metro TV sebagai penyelenggara kegiatan akan memberikan sanksi tegas.

KEPUTUSAN
Panitia EADC berhak melakukan penolakkan terhadap content pada naskah proposal apabila didapati hal-hal yang menyangkut:

1. Melanggar hukum, mengancam, memfitnah, mencemarkan, memperdaya, menipu, curang atau menimbulkan kebencian pada orang atau golongan tertentu.
2. Menghina, melecehkan, merendahkan atau mengintimidasi individu atau grup individu berdasarkan agama, jenis kelamin, orientasi seksual, ras, etnis, usia atau cacat fisik.
3. Menganjurkan atau menyarankan perbuatan yang melanggar hukum.
4. Menyinggung, memicu pertentangan dan atau permusuhan antar Suku, Agama, Ras dan Antar Golongan (SARA).
5. Menyebarkan ideologi atau ajaran tertentu yang dilarang oleh hukum yang berlaku di wilayah Republik Indonesia.
6. Bukan merupakan karya proposal plagiasi
7. Keputusan dewan juri dan panitia (Metro TV) dalam melakukan seleksi dan membuat kebijaksanaan adalah absolute dan tidak dapat diganggu gugat.



PENAYANGAN DAN PENGANUGRAHAN EAGLE AWARDS
Kelima film dokumenter akan diputar pertama kali oleh Metro TV. Eagle Awards akan memperlombakan tiga kategori yang terdiri dari Film Terbaik, Film Dengan Ide Cerita Terbaik yang dipilih oleh kelompok juri independent (di luar tim penyelenggara) serta Film Favorit Pemirsa yang dipilih melalui hasil terbanyak polling sms dari pemirsa Metro TV.

Untuk keterangan lebih lanjut, hubungi :
Agus Ramdan / Jastis Arimba
Metro TV-EADC Program Coordinator
Tel: (021) 583.00077 ext. 22034
Fax: (021) 5824489
E-mail: eagleawards@metrotvnews.com
atau klik : www.eagleawards-doc.com

Ditulis Oleh : jaka ~ Berbagi Informasi Film Dokumenter

Artikel Eagle Awards Documentary Competition 2011 ini diposting oleh jaka pada hari Jumat, 27 Mei 2011. Terimakasih atas kunjungan Anda serta kesediaan Anda membaca artikel ini. Kritik dan saran dapat anda sampaikan melalui kotak komentar.

:: Get this widget ! ::

Comments
0 Comments

JAKACU75
jakaboyaoge.blogspot.com

Move your mouse to go back to the page!
Gerakkan mouse anda dan silahkan nikmati kembali posting kami!## TERIMAH KASIH ATAS KUNJUNGAN ANDA

Copyright 2010 gubhugreyot.blogspot.com - All rights reserved